Ads 468 x 60

10/09/2012

Browse » Home » , , , » Di Mexico Sampah Ditukar dengan Makanan

Di Mexico Sampah Ditukar dengan Makanan


 Di Mexico Sampah Ditukar dengan Makanan


Di Mexico Sampah Ditukar dengan Makanan - Isu mengenai sampah seringkali menjadi masalah yang besar bagi pemerintah suatu negara, khususnya negara berkembang. Sampah, khususnya sampah plastik  yang tidak dapat luruh di dalam tanah, menjadi permasalahan serius. Berbagai cara dilakukan untuk mengurangi sampah anorganik, seperti memilah-milah sampah, mendaur ulang, kampanye pengurangan penggunaan kantong plastik, dll. Tapi, mungkin hanya pemerintah Mexico City saja yang memiliki cara unik untuk mengatasi permasalahan sampah anorganik di kotanya, yaitu dengan menukarkan sampah dengan makanan. Hmmm, kok bisa?

Sebuah agensi pemerintah Mexico City yang mengurusi masalah lingkungan hidup, baru-baru ini meluncurkan sebuah pasar tempat warga bisa menukarkan benda-benda yang dapat didaur ulang dengan makanan. Pasar yang diberi nama "Mercado de Trueque" ini bertujuan untuk memberikan dukungan kepada para petani kota, dan menggunakan sistem barter dalam pelaksanaannya. “Program ini didesain untuk menunjukkan kepada masyarakat, secara nyata dan langsung, mengenai sampah yang dapat diubah menjadi bahan mentah. Sampah-sampah padat pun masih memiliki arti jika dipisah-pisahkan secara benar,” jelas Kementrian Lingkungan Hidup Mexico.

Pasar ini menerima gelas, kertas, kardus, kaleng aluminium, dan botol plastik. Mereka kemudian diberikan sebuah green points yang dapat ditebus dengan benda-benda hasil pertanian yang ditanam di sekitar Mexico City, seperti selada, bayam, tomat, bunga, dll.

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mendukung masyarakat agar lebih peka terhadap produk-produk lokal. Pasalnya, kementrian terkait menjelaskan bahwa konsumsi produk lokal sangatlah penting, karena selain dapat mengurangi impor dan penimbunan barang, cara ini juga dapat mengurangi karbon, membangkitkan perekonomian, dan mempertahankan lahan pertanian di bagian selatan kota.

Sampah sebenarnya dapat diolah di rumah tangga agar tidak menimbulkan masalah besar di kemudian hari. Sayangnya, di negara-negara berkembang, hal tersebut belum dapat diaplikasikan sehingga sampah menjadi salah satu tugas besar bagi pemerintah. Cara yang dilakukan oleh pemerintah Mexico ini mungkin suatu saat dapat ditiru oleh pemerintah kita. Sebab, di hari pertama pembukaan pasar itu, pemerintah Mexico City langsung mendapat sambutan besar dan menuai sukses. Di hari pertama, mereka berhasil menukar hampir 3 ton hasil pertanian dengan sampah-sampah daur ulang. [Mizan.com]

Tag : Info Unik, Menarik, Di Mexico Sampah Ditukar dengan Makanan
Advertiser

Comments : 0 comment for Di Mexico Sampah Ditukar dengan Makanan

Post a Comment

 
© Copyright 2012 : Media Belajarku
Template by : Blogger Templates | ZonaBlogger.com | Didukung Oleh : Blogger.com