Ads 468 x 60

27/07/2013

Browse » Home » , , » Contoh Pidato Tujuan dan Fungsi Pramuka

Contoh Pidato Tujuan dan Fungsi Pramuka



Kumpulan Pidato dengan Tema Kepramukaan : Tujuan dan Fungsi Pramuka

Kumpulan pidato berikut merupakan contoh naskah pidato dengan tema kepramukaan. Bagi temen-temen yang aktif di bidang kepramukaan bisa menemukan contoh pidato dengan tema kepramukaan dibawah ini.

Judul Pidato : Tujuan dan Fungsi Pramuka

Assalammualaikum wr.wb Selamat sore dan salam sejahtera untuk kita semua

Salam pramuka !


Yang terhormat bapak dan ibu dewan pembina pramuka, para tamu undangan, dan kepada adik-adik ku sekalian yang saya banggakan.

Puji syukur kami panjatkan kepada ALLAH SWT, yang mana pada hari ini kita semua masih diberi kesehatan sehingga kita dapat berkumpul dilapangan yang luas ini.

Marilah kita panjatkan puja dan puji atas segala anugrah yang telah di anugrahkan kepada kita. Dan sholawat pada junjungan kita Nabi agung muhammad SAW.

Wahai adik-adik pramuka generasi tunas bangsa, Sebagai pemuda pramuka, kita berdiri tegak disini marilah kita merenung sejenak untuk mempelajari bersama-sama tentang tujuan dan fungsi Pramuka.

Pada dasarnya fungsi dari pramuka, sebagaimana sudah kita sadari bersama merupakan kegiatan menarik bagi kita sebagai anak atau pemuda. Kegiatan menarik di sini dimaksudkan kegiatan yang menyenangkan dan mengandung pendidikan. Karena itu permainan harus mempunyai tujuan dan aturan permainan, jadi bukan kegiatan yang hanya bersifat hiburan saja.

Karena itu lebih tepat kita sebut saja kegiatan menarik. Tentu bagi orang dewasa kepramukaan bukan lagi permainan, tetapi suatu tugas yang memerlukan keikhlasan, kerelaan, dan pengabdian. Orang dewasa ini mempunyai kewajiban untuk secara sukarela membaktikan dirinya demi suksesnya pencapaian tujuan organisasi.

Kita mengetahui bahwa fungsi pramuka yang utama untuk generasi muda adalah sebagai alat bagi masyarakat dan organisasi. Kepramukaan merupakan alat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, dan juga alat bagi organisasi untuk mencapai tujuan organisasinya.

Jadi kegiatan kepramukaan yang diberikan sebagai latihan berkala dalam satuan pramuka itu sekedar alat saja, dan bukan tujuan pendidikannya. Dari sana selayaknya kita berusaha untuk meningkatkan setiap gerakan kepramukaan sebagai mana fungsinya.

Tepuk pramuka..........

Tahukah wahai pemuda pramuka, apa itu tujuan dari pramuka?

Sebenarnya tujuan pramuka adalah sangat mulia karena gerakan pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-prinsip dasar dan metode kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa serta masyarakat Indonesia dengan tujuan agar:
  • Anggota pramuka menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya.
  • Anggota pramuka menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya.
  • Anggota pramuka menjadi manusia yang kuat dan sehat fisiknya.
  • Anggota pramuka menjadi manusia yang menjadi warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia; sehingga menjadi angota masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu menyelanggarakan pembangunan bangsa dan negara.

Tujuan tersebut merupakan cita-cita gerakan pramuka. Karena itu, semua kegiatan yang dilakukan oleh semua unsur dalam gerakan pramuka harus mengarah pada pencapaian tujuan tersebut.

Sebelum kita akhiri, pramuka adalah sebuah pendidikan yang mengajarkan kita semua untuk bisa bermasyarakat dengan baik dan sesuai dengan norma-norma yang berlaku.

Marilah kita jadikan peringatan hari pramuka ini sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas diri pribadi kita untuk hidup yang lebih baik, karena semua mimpi bisa menjadi kenyataan jika kita bertakad dan bersungguh sungguh untuk mengejarnya.

Salam Pramuka!

Wassalamu alaikum wr. wb


Advertiser

Comments : 0 comment for Contoh Pidato Tujuan dan Fungsi Pramuka

Post a Comment

 
© Copyright 2012 : Media Belajarku
Template by : Blogger Templates | ZonaBlogger.com | Didukung Oleh : Blogger.com