Ads 468 x 60

31/07/2013

Browse » Home » , » Pentingkah Menurunkan Berat Badan?

Pentingkah Menurunkan Berat Badan?


Pentingkah Menurunkan Berat Badan?



Jika anda ingin menurunkan berat badan, pastikan dahulu status berat badan anda melalui rumus penghitungan indeks massa tubuh. Untuk mengetahui indeks massa tubuh anda, dapat dikalkulasikan dengan menggunakan rumus:


Body Mass Index /
Indeks Massa Tubuh


=

Berat badan

Tinggi badan x tinggi badan

Atau lebih mudahnya, anda dapat menggunakan fitur aplikasi web penghitungan Body Mass Index / Indeks Massa Tubuh pada website Klikdokter.com.

Jika hasil kalkulasi Body Mass Index (BMI) Anda diatas angka ideal yakni, 18,5 maka anda masuk kategori obese.

Diperlukan sedikit usaha untuk mewujudkan keinginan anda untuk memiliki berat badan ideal. Kuncinya adalah disiplin. Secanggih apapun metode diet anda, jika tidak diiringi komitmen disiplin dalam pelaksanaannya, maka akan percuma saja.

Selain itu, pengetahuan tentang nutrisi  juga penting. Karena  dengan adanya pemahaman mendasar pada gizi dan nutrisi, maka akan mudah mendapatkan pemaknaan aktifitas program penurunan berat badan. Yakni tetap mengombinasikan antara pemasukan energi melalui asupan nutrisi yang tepat dengan diiringi keseimbangan pengeluaran energi atau olahraga.

Satu hal yang mendasar dan terpenting, konsultasikan kepada dokter atau konsultan gizi terpercaya anda dahulu sebelum melakukan diet. Karena jika melakukan diet sembarangan tanpa adanya peninjauan kondisi kesehatan anda dari pihak yang berkompeten, maka akan memperbesar kegagalan diet atau bahkan mendatangkan masalah baru pada tubuh anda.

Hilangkan ekspektasi anda untuk menurunkan berat badan secara sekejap dan instan. Penurunan berat badan secara drastis dapat memperbesar potensi mendatangkan penyakit.

Jalani proses penurunan berat badan dengan perlahan. Penting adanya hal ini guna memudahkan proses adaptasi kondisi tubuh. Perkembangan kemajuan proses diet sebesar angka setengah kilogram per minggu adalah angka yang ideal. Dengan demikian kemajuan 2 hingga 2,5 kilogram per bulan dapat tercapai.

Beberapa poin penting yang perlu untuk diketahui:
  1. Kurangilah konsumsi makanan berlemak.
  2. Perbanyak makan buah-buahan yang mengandung air 1 jam sebelum makan. Hindari makan buah-buahan seperti durian, mangga, pisang, dan nangka.
  3. Makanlah nasi antara 150-200 gram dalam 1 porsi sekali makan.
  4. Jangan menghilangkan satu jam makan pun. Acapkali yang terjadi justru diet ditempuh dengan tidak makan malam, hindarilah pola semacam ini. Cukuplah ganti menunya dengan yang lebih berkualitas selaras dengan tujuan pengurangan berat badan. Karena tubuh anda tetap memiliki hak asupan nutrisi.
  5. Pada makan malam, makanlah dibawah pukul 7 malam dan secukupnya.
  6. Perbanyak sayuran berserat.
  7. Hindari juga camilan dan makan mie.
  8. Berolahragalah rutin seminggu tiga kali selama 30 menit.
  9. Bagi sebagian besar orang, menurunkan berat badan bukan persoalan mudah. Ada beragam cara yang ditawarkan berbagai pihak. Namun sekali lagi penting untuk diingat, konsultasikan dahulu dengan petugas kesehatan atau dokter kepercayaan anda. Karena diet yang akan dilakukan perlu disesuaikan dengan kondisi tubuh dan situasi kesehatan anda
Sumber : Klikdokter.com.


Advertiser

Comments : 1 comment for Pentingkah Menurunkan Berat Badan?

  1. Untuk melakukan treatmen bisa datang langsung ke Eva Mulia , Dr. Eva , Dokter Eva , evamuliaclinic Dan untuk mendapatkan wajah sehat silahkan pakai produk dari elvante skin care
    produk elvante , elvante , skin care elvante

    ReplyDelete

 
© Copyright 2012 : Media Belajarku
Template by : Blogger Templates | ZonaBlogger.com | Didukung Oleh : Blogger.com