Ads 468 x 60

07/08/2013

Browse » Home » , » Manfaat Air Kelapa Buat Tubuh Kita

Manfaat Air Kelapa Buat Tubuh Kita


Manfaat Air Kelapa  Buat Tubuh Kita



Manfaat Air Kelapa Buat Tubuh KitaPohon kelapa merupakan tumbuhan yang banyak didapati di area pesisir pantai, dan banyak sekali kegunaan dari pohon kelapa, dari akar sampai ujung daun dapat di fungsikan. Populasi tanaman kelapa Indonesia adalah yang terbesar di dunia, pohon kelapa tumbuh sekitar 3 juta hektar di Indonesia atau 31% dari total pohon kelapa dunia. Dari sini seharusnya Indonesia bisa menguasai produk berbahan dasar kelapa, misalnya produk minyak kelapa ,sabut,  tempurung, dll.

 Setelah mengetahui banyaknya manfaat dari pohon kelapa ternyat dari buahnya juga mempunya banyak manfaat. Air kelapaternya merupakan minuman isotonik alami yang amat baik buat kesehatan tubuh kita, dan mempunyai kandungan elektrolit yang sama juga dengan darah kita. Dan juga air kelapa difungsikan pada waktu perang pasifik pada tahun 1941-1945 sebagai pengganti transfusi plasma darurat, dialirkan secara langsung dari buahnya pada para tentara yang sedang terluka.
Beberapa Manfaat Air Kelapa Buat Tubuh Kita diantaranya :      

Memperlambat penuaan
Air kelapa bisa membuat kulit menjadi halus dan tampak lebih muda. Ini karena air kelapa merupakan sumber cytokinins, sekelompok hormon pertumbuhan pada tanaman yang membantu pertumbuhan sel, perkembangan, serta penuaan.

Cytokinins bisa menyeimbangkan tingkat pH, memperkuat jaringan ikat dan hidrat, bahkan mengurangi risiko penyakit yang berkaitan dengan usia. Itu karena cytokinins kaya kalium, antioksidan, dan lauric acid.
Air kelapa bisa dioleskan ke kulit untuk mengurangi jerawat, selulit, eksim, strech mark, keriput, noda hitam, dan kulit kendur.

Air Kelapa Muda Sama baiknya dengan transfusi darah

Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mengatakan, bahan kimia air kelapa sangat mirip dengan plasma darah dan telah digunakan dengan cara diinfus untuk menyelamatkan nyawa di negara berkembang selama Perang Dunia II. Di Pasifik, cairan kelapa disedot langsung dari buah untuk transfusi darurat bagi tentara yang terluka.

Selain itu, air kelapa digunakan juga sebagai obat dehidrasi di rumah yang berhubungan dengan penyakit seperti kolera dan gastroenteritis meskipun studi di Indian Barat memperingatkan terhadap penggunaan untuk kasus yang parah.

Aloysa Hourigan, ahli gizi senior pada Nutrition Australia, setuju bahwa saline bisa diganti degan air dan garam, tapi itu tidak memberikan cukup glukosa.

Air Kelapa Muda Baik untuk pencernaan dan kesehatan kemih

Air kelapa diklaim sebagai obat untuk berbagai penyakit pencernaan dan penyakit kemih. Di daerah tropis, air ini digunakan untuk mengobati muntaber, disentri, gangguan pencernaan, sembelit, cacingan, infeksi kandung kemih, dan ginjal rusak.

Air kelapa merupakan diuretic (obat) alami untuk mencegah infeksi saluran kandung kemih dan batu ginjal. Penelitian di Filipina menemukan bahwa minum air kelapa hingga tiga kali seminggu bisa mengurangi ukuran batu dan dibutuhkan untuk operasi.

Tania Ferraretto, guru diet yang terakreditasi pada Nutrition Professionals Australia, berpendapat bahwa air kelapa dianggap aman untuk anak-anak dan ibu hamil serta menyusui, juga diketahui tidak ada efek samping,

Air Kelapa Muda Sehat Untuk Gigi
Berbagai manfaat yang didapat dari minuman ini, tak terkecuali bagi kesehatan gigi. Bila dibandingkan dengan minuman energi yang banyak beredar di pasaran, air kelapa segar mengandung sedikit kalori dan lebih rendah gula sehingga tidak mengancam kesehatan gigi. Oleh karena itu, cara paling baik untuk mengkonsumsi air kelapa adalah dalam keadaan segar tanpa menambahkan pemanis ataupun sirup dan sejenisnya. Kalsium yang terkandung dalam air kelapa cukup tinggi dan dikatakan dapat memperkuat gigi dan tulang.

Berikut ini Manfaat lain dari Air Kelapa  Buat Tubuh Kita di antaranya: .
1. Meredakan suhu tubuh yang panas dan melindungi pada suhu yang cocok.
2. Mengembalikan cairan tubuh yang hilang, sebab air kelapa merupakan salah satu minuman isotonik alami.
3. Menyalurkan nutrisi dan oksigen ke sel-sel tubuh.
4. Menambah metabolisme dan kekebalan tubuh.
5. Menurunkan berat badan dengan kalori yang rendah yang dikandungnya.
6. Membantu membersihkan dan melancarkan saluran pencernaan.
7. Mencegah dan mengobati diabetes, dikarenakan air kelapa rendah kadar gulanya.
8. Menyeimbangkan ph tubuh serta mengurangi resiko terkena penyakit kanker.
9. Menolong menyembuhkan batu ginjal serta saluran kemih.
10. Air kelapa mempunyai banyak nutrisi dibandingkan susu, sudah pasti air kelapa rendah lemak serta kolesterol.
11. Kandungan asam laurat yang terdapat pada air kelapa lebih baik dari susu bayi instan, biasanya juga terdapat juga pada ASI ( air susu ibu )
12. Air kelapa merupakan donor universal, dikarenakan kandungannya yang nyaris sama juga dengan darah manusia.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Air kelapa semakin segar semakin baik. Karena setelah terkena udara dan suhu hangat akan berfermentasi dengan cepat dan menghilangkan nilai gizi.


Advertiser

Comments : 1 comment for Manfaat Air Kelapa Buat Tubuh Kita

  1. BUKAN MAIN, KARUNIA TUHAN TERHADAP "NEGERI NYIUR MELAMBAI" INI, YUUK KITA REMAJAKAN POHON KELAPA YG SUDAH TUA

    ReplyDelete

 
© Copyright 2012 : Media Belajarku
Template by : Blogger Templates | ZonaBlogger.com | Didukung Oleh : Blogger.com