Ads 468 x 60

12/11/2013

Browse » Home » , » Penempatan dan Posisi Wasit Dalam Pertandingan Bola Basket

Penempatan dan Posisi Wasit Dalam Pertandingan Bola Basket


Penempatan dan Posisi Wasit Dalam Pertandingan Bola Basket



Penempatan Wasit 

Selama pertandingan berlangsung, umumnya dua petugas memposisikan diri berada di sisi kiri para pemain dan bola, dan bisa saling melihat secara diagonal. Setelah pertandingan berjalan, muncul istilah trail official dan lead official. Trail official adalah petugas yang mengambil posisi di belakang (dan ke kiri) bola, sedangkan lead official adalah petugas yang berada di depan. Setiap ada keputusan foul, dua petugas tersebut bertukar posisi.

Dalam melakukan tugasnya (Lihat tugas dan weewenang wasit dalam pertandingan bola basket), dua wasit (referee) menempatkan diri pada posisi terbaik sehingga dapat menilai pertandingan secara menyeluruh. Kedua petugas memiliki tanggung jawab yang berbeda tergantung pada posisi bola.



Perhatikan Gambar diatas. Trail official bertanggung jawab atas bola dan permainan di sekitar bola ketika bola berada di daerah 1, 2, 3, 5, dan 6. Sementara itu, lead official bertanggung jawab ketika bola berada di daerah 4, 5, dan area tembakan dua angka di bagian 6. Kedua petugas memiliki tanggung jawab yang sama di area 5 dan 6.

Selama pertandingan berlangsung, ketiga petugas menjaga posisinya sehingga terhubung satu sama lain sebagai segitiga besar.



Lead official (L) diposisikan di dekat garis akhir, biasanya di sisi mana bola berada(ball side). Centre official (C) diposisikan di sisi yang berlawanan dengan ball side, dekat dengan garis perpanjangan garis lemparan bebas. Centre official bisa berada di kedua sisi lapangan, tergantung posisi bola berada. Trail official (T) adalah petugas yang diposisikan kira-kira 5 meter dari garis tengah dan sisi yang sama dengan lead official (ball side).

Prinsip Dasar Pengambilan Posisi

Selama bertugas di lapangan, posisi ketiga wasit berubah sesuai situasi pertandingan.

Berikut ini prinsip pengambilan posisi wasit di lapangan.

1) Rotasi
Berikut ini terjadinya rotasi wasit.
  • Dengan melihat posisi bola, maka lead official bergerak ke ball side.
  • Ketika lead official bergerak dari satu sisi keranjang ke sisi lainnya, petugas yang berada di ball side bergerak ke posisi trail. Sementara itu, petugas lainnya berada diposisi yang berlawanan dengan posisi centre.


2) Transisi
Berikut ini proses transisi wasit.
  • Ketika arah permainan berubah, trail official bergerak ke posisi lead official.
  • Centre official bergerak ke posisi tengah baru.
  • Lead official menjadi trail baru.



Advertiser

Comments : 1 comment for Penempatan dan Posisi Wasit Dalam Pertandingan Bola Basket

  1. Pemain bintang Los Angeles Kobe Bryant akan absen pada sisa kompetisi NBA karena mengalami cedera pada kaki kirinya, demikian diumumkan tim, Rabu. Lebih lanjut mengenai berita duka ini seperti yang dimuat website iyaa.com Pemain berusia 35 tahun itu, yang memberi inspirasi bagi Lakers dalam meraih lima gelar juara mulai 2000 hingga 2010 serta meraih medali emas untuk Amerika Serikat pada 2008 dan 2012, sedang dalam penyembuhan dari cedera pada kari kirinya.

    ReplyDelete

 
© Copyright 2012 : Media Belajarku
Template by : Blogger Templates | ZonaBlogger.com | Didukung Oleh : Blogger.com