Ads 468 x 60

23/09/2012

Browse » Home » , , » Cara Melukis Segitiga Sama Sisi

Cara Melukis Segitiga Sama Sisi


Cara Melukis Segitiga Sama Sisi

Sebelum melukis segitiga sama sisi, harus diketahui terlebih dulu pengertian segitiga sama sisi. Segitiga sama sisi adalah segitiga yang ketiga sisinya sama panjang. Oleh karena itu, semua sudut dalam segitiga sama sisi juga memiliki besar yang sama. Karena jumlah sudut dalam suatu segitiga adalah 180○, maka besar sudut dalam segitiga sama sisi masing-masing adalah 60○. Gambar 1 berikut ini adalah gambar segitiga sama sisi.




Melukis segitiga sama sisi dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa alat. Alat-alat yang perlu disiapkan adalah penggaris, pensil, jangka, dan kertas (disarankan kertas berpetak). Berikut adalah langkah-langkah dalam melukis segitiga sama sisi (misalkan segitiga sama sisi ABC):

1.      Lukislah ruas garis AB seperti pada Gambar 2 berikut.


2.      Buatlah busur lingkaran dengan titik pusat B dan melalui titik A dengan menggunakan jangka seperti diperlihatkan oleh Gambar 3 berikut.


3.      Buat juga busur lingkaran dengan titik pusat A dan melalui titik B dengan menggunakan jangka seperti diperlihatkan oleh Gambar 4 berikut.


4.      Namai/labeli titik perpotongan busur-busur lingkaran pada langkah 3 dan 4 tersebut dengan C.
5.      Buatlah ruas garis AC dan CB.


6.      Selamat! Kamu telah berhasil melukis segitiga sama sisi ABC.

1

Setelah berhasil melukis segitiga sama sisi, apakah kamu dapat melukis sudut yang besarnya 60○? Tentunya! Karena besar masing-masing sudut dalam segitiga sama sisi adalah 60○. Bagaimana dengan melukis sudut yang besarnya 120○ dan 300○? Tentunya kamu dapat melukisnya dengan mudah, karena sudut yang besarnya 120○ merupakan pelurus dari sudut yang besarnya 60○. Sedangkan sudut yang besarnya 300○ merupakan sudut ‘di belakang’ sudut yang besarnya 60○.



Semoga bermanfaat.

Sumber : yos3prens.wordpress.com

Advertiser

Comments : 0 comment for Cara Melukis Segitiga Sama Sisi

Post a Comment

 
© Copyright 2012 : Media Belajarku
Template by : Blogger Templates | ZonaBlogger.com | Didukung Oleh : Blogger.com